BASALIN BAJU PUSAKO
“Basalin baju pusako
baju tarok baju turai
turak turang baludu
gandum
balahan baju dari
sarugo
baju gadang ninik
mamak
saluak destar pilin
tigo
pinggang memakai
pending ameh
tarsisik karih cumati
intan
saruang bapalauik
dengan perak
hulu bakarang ameh
mutu
harago satimbang jo
nagari.”
Bahwa bersalin baju pusaka (mewarisi
pangkat kebesaran datuk peng hulu, imam, khatib, malin, pandeka dalam adat)
tersebut, harganya “setim bang” dengan “negeri”. “Setimbang dengan negeri”
mengandung aspek makna “awal akhir, lahir dan batin” secara utuh dan tak
terpisah-pisah seba gai sebuah “perserikatan hati segala manusia dalam
alamnya”. Mengisya ratkan adanya kaitan dengan tuah kebesaran dan nama baik
negerinya sen diri. Seperti, “arang
tacoreang di kaniang, kamaa muko disuruak-an.”
Pakaian penghulu tersebut bersama
aksesori adatnya diibaratkan seba gai suntiang pangulu, merupakan
kelengkapan yang cukup, dan amanah kaum (amanah bersama) yang harus disampaikan
kepada yang berhak mene rimanya, sesuai dengan ukur jangka kemampuan penalaran
dirinya sendiri. Pakaian Sapatagak yang akan dipakai hidup ditompang
mati, merupakan kewajiban, amanah dan beban tanggung jawab moral seorang
penghulu adat dalam AAM yang tetap, masih terpakai dan dipakai sampai hari ini,
walaupun tidak lagi merata. Kombinasi harmonis nilai-nilai adat dan syarak
tersebut telah bersinergi dalam prinsip “aka
nan lalu ka sarugo, jelo-bajelo ka tapian” dan terakumulasi,
terkristalisasi dalam Undang dan Hukum Adat Alam MInangkabau (U-HAAM) yakni :
1). Adat Nan Sabana
Adat,
2). Adat Nan
Diadatkan,
3). Adat Nan Teradat,
4).
Adat Istiadat.
Ubua-ubua ambiek ka suliang
padi anak rang saribulan
Tindawan tumbuah batang taguliang
tando beti manyatokan.
Dimano bumi dipijak
di sinan langik
dijunjuang
Dimano sumua dikali
di sinan rantiang dipatah
Dimano nagari ditunggui,
di sinan adat nan bapakai
Dimano
tapak di sinan jajak.
Itulah yang disebut Kendang
Nan Bapakai, Pakaian Pusaka(Adat) Yang Dipakai, Pakaian Adat
dalam Alam. Itu pulalah sebabnya setiap yang memegang jabatan adat itu,
harus baginya untuk mengurasai adat, melak sanakan refresing adat,
lokarya adat, sarasehan adat, pendidikan dan pembe lajaran adat kembali untuk
anak kemenakan.. Siapakah yang akan melak sanakan?
Limbago jalan batampuah
itu karajo niniek mamak
sarugo diiman taguah
narako dilaku awak
duduak
sesuatu pado tampeknyo,
pacik
karajo nan bamasiang,
nan
bajanjang naiek batanggo turun
nan bajokok bajukalo ….
Masalah
adat kembali kepada orang adat, masalah agama kembali ke pada Ulama masalah undang kembali kepada pemerintahan. Tungku Nan Tigo Sajarangan untuk
mendapatkan kualitas manusia yang tiga pula
: cadiek, tahu, pandai. Dan semuanya itu tetap dalam naungan
payung panji hukum alam “perserikatan
hati manusia”, “perserikatan peri
kemanusiaan yang adil dan beradab” dan beradat dengan adat manusia pula. Tidak
ber arti antara satu sama lain “putus tali”, tetapi “harus terentang tali
ikatan yang kuat”.
Rentangan
pergantungan ikatan tali yang kuat itu adalah seperti per gantungan manusia
kepada agamanya. Manusia yang beragama berarti ma nusia yang ber-Tuhan Esa, yang
berpegang teguh kepada Ketuhanan Yang Maha Esa. Inilah tali pergantungan abadi
dunia dan akhirat bagi semua penganut agama. Islam menyebut Tuhannya dengan Ism
dzat Allah, dian tara nama-namanya yang banyak (asma 99). Oleh karena itu,
setiap muk min dan mukminat diperintahkan untuk tetap berpegang teguh kepada
tali pergatungannya dimanapun, kapanpun, dan dalam kondisi yang bagaimana pun, “wa tashimu bihablillah”, berpegang
teguhlah dengan “tali Allah”. Sifat tali Allah itu :
tagang bajelo-jelo
kandua
badantiang-dantiang.
dijelokan mangkonyo
tagang,
didantiangkan
mangkonyo kandua.
di jalang mangkonyo
datang,
disonsong mangkonyo
tibo.
Disaru kalauNyo jauah,
diimbau kalauNyo
dakek,
ujuik satu pangana
bunta,
suaro nan indak
kadangaran,
bisiek nan lapeh ka
sarugo
Tagak nan usah
manggamo,
langkah salasai jo
ukuran
ditingkek
janjang
ditapiek banduaNyo
Bak
pituah nan tuo-tuo juo :
Wakatu zaman nan lah
tibo
kutiko hari nan lah
datang
adaik nak patuik
dikurasai
iyo paguno wakatu
baiek
patuik mamakai kutiko kini
Naknyo janieh kalang
dimato,
naknyo sanang dalam
hati
sajuak dalam
kiro-kiro,
buektan taguah janji
bakarang,
mupakat diganggam
taguah,
janji bapaciek arek
ikara nan bauni,
haram lillah manduo
hati
habih dayo badan
talatak
tibo paham aka
baranti
ujuik satu pangana
bunta
Kato,
putuih sandiriNyo.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar